Superkomputer Berskala Otak Manusia Dijadwalkan Dirilis Tahun Depan

Superkomputer Berskala Otak Manusia Dijadwalkan Dirilis Tahun Depan
Ilustrasi superkomputer. Foto: sequoia

jpnn.com - DeepSouth, superkomputer berskala otak manusia masih dalam pengembangan oleh tim Western Sydney University di Australia.

Superkomputer itu rencananya akan menyapa publik pada tahun depan.

DeepSouth diprediksi mampu melakukan 228 triliun operasi sinaptik per detik, sehingga suatu hari nanti teknologi itu bisa membantu menciptakan otak cyborg yang jauh lebih kuat daripada otak manusia.

Otak manusia hanya menggunakan daya 20 watt untuk mampu memproses setara dengan exaflop atau satu miliar miliar operasi matematika per detik.

Namun, saat ini para peneliti di Australia sedang membangun superkomputer pertama di dunia bernama DeepSouth yang dapat mensimulasikan jaringan pada skala tersebut.

Ketika DeepSouth hadir tahun depan, teknologi itu akan mampu melakukan 228 triliun operasi sinaptik per detik, menyaingi perkiraan tingkat operasi di otak manusia.

Kemampuan ini berguna untuk lebih memahami bagaimana otak dapat menggunakan kekuatan kecil untuk memproses informasi dalam jumlah besar.

Jika para peneliti dapat memecahkan masalah itu, suatu hari nanti mereka dapat menciptakan otak cyborg yang jauh lebih kuat daripada otak manusia.

DeepSouth, superkomputer berskala otak manusia masih dalam pengembangan oleh tim Western Sydney University di Australia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News