Suporter Tuduh Erick Thohir Tidak Jujur soal Alasan FIFA Coret Indonesia

Suporter Tuduh Erick Thohir Tidak Jujur soal Alasan FIFA Coret Indonesia
Piala Dunia U-20 2023 tinggl kenangan. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) meminta Ketua Umum PSSI Erick Thohir jujur soal penyebab Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Organisasi suporter itu menilai ada sejumlah kejanggalan yang perlu dijelaskan terkait keputusan FIFA mencoret Indonesia.

"Dalam halaman resmi FIFA dinyatakan bahwa batalnya pagelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia disebabkan keadaan saat ini, yang tidak secara eksplisit mengatakan hal itu karena penolakan terhadap Timnas Israel. Kemudian muncul dugaan, hal itu sebenarnya malah dikarenakan transformasi sepak bola yang tidak berjalan baik pasca-Tragedi Kanjuruhan. Atau terkait dengan ketidaksiapan PSSI dengan event ini? Semua menjadi tanda tanya," kata Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) Ignatius Indro.

Perhelatan Piala Dunia U-20 itu sebenarnya tidak akan sanggup dilaksanakan oleh Indonesia sejak awal. Namun, masih ada yang berupaya melakukan lobi, terutama PSSI.

Beberapa hal mendasar sudah jelas tidak bisa disiapkan oleh Indonesia selaku penyelenggara. Anehnya, ketidaksiapan itu malah ditutupi dengan berbagai manuver politik oleh struktur PSSI.

"Kalau lita lihat, Indonesia sebenarnya tidak siap untuk menjadi tuan rumah. Karena untuk menggelar acara itu memerlukan stadion yang memadai. Dari beberapa stadion yang telah disiapkan, hanya 4 stadion yang dinyatakan layak. Perbaikan yang dilakukan membutuhkan waktu lebih lama," ujarnya.

Belum berjalannya transformasi sepak bola Indonesia menurut PSTI ditunjukkan dengan ketidaksiapan venue dan juga dengan masih banyaknya kejadian-kejadian negatif di sepak bola Indonesia.

"Kita bisa lihat kejadian seperti di Semarang, di mana PSIS tidak boleh menghadirkan suporter ke dalam stadion dan terjadi kericuhan. Belum lagi kasus penyerangan kepada timnas Thailand, sehingga ini menunjukan PSSI tidak punya kemampuan memanajemen suporter. Tidak punya program yang jelas untuk memanusiakan dan mengedukasi suporter," tambah Indro.

Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) meminta Ketua Umum PSSI Erick Thohir jujur soal alasan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News