Surabaya Juara Umum POTRADNAS IX 2023, Kemenpora Ungkap Syarat untuk Jadi Tuan Rumah

Surabaya Juara Umum POTRADNAS IX 2023, Kemenpora Ungkap Syarat untuk Jadi Tuan Rumah
Surabaya tampil sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (POTRADNAS) IX 2023 yang berlangsung di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Foto: Dok Kemepora

jpnn.com, KUNINGAN - Perhelatan Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (POTRADNAS) IX 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berlangsung sukses.

Bukan hanya penyelenggaraan, tetapi jumlah remaja dari berbagai daerah yang terlibat pada event yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan Asisten Deputi (Asdep) Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Kemenpora, Aris Subiono yang ditemui seusai menutup POTRADNAS IX di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu (14/6/2023).

Di POTRADNAS VIII Belitung 2021 lalu hanya tercatat diikuti oleh 21 Provinsi saja sedangkan di POTRADNAS IX Tahun 2023 mengalami peningkatan di mana peserta berasal dari 27 Provinsi plus 8 Kabupaten/Kotamadya.

Peningkatan jumlah peserta ini jelas menunjukkan bertambahnya minat daerah dalam melestarikan jenis olahraga tradisional di Tanah Air.

"Mudah-mudahan pada pelaksanaan POTRADNAS X Tahun 2025 nanti sudah 28 Provinsi yang tampil," kata Aris Subiono.

Yang lebih menggembirakan, kata Aris Subiono, peta kekuatan di POTRADNAS X yang tadinya dikuasai Jawa Barat dan Banten sudah merata dengan munculnya Bengkulu, Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Buleleng (Bali).

"Program pelestarian Budaya lewat POTRADNAS telah mendapatkan respon dengan munculnya daerah-daerah lain yang mampu bersaing," ungkapnya.

Perhelatan Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (POTRADNAS) IX 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berlangsung sukses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News