Suramadu Sambung Bentang Utama

Suramadu Sambung Bentang Utama
Suramadu Sambung Bentang Utama
JAKARTA-Penyambungan bentang utama (main span) Jembatan Surabaya Madura (Suramadu) dilakukan pada Rabu malam (31/3). “Pengerjaan bentang utama ini merupakan salah satu pekerjaan sulit selain pengerjaan pondasi jembatan yang mempunyai kedalaman hingga 100 meter.” Kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V AG Ismail, Departemen Pekerjaan Umum (DPU).

Lebih lanjut dikatakannya bentang utama merupakan bagian dari jembatan utama disamping jembatan pendekat (approach bridge) sisi Madura dan jembatan pendekat sisi Surabaya. Pekerjaan pembangunan jembatan utama dilakukan oleh kontraktor China dan BUMN Indonesia. “Kontraktor China mengerjakan pembangunan Jembatan sisi Madura dan bentang utama, sementara jembatan pendekat sisi Surabaya dilakukan oleh BUMN Indonesia,” imbuhnya.

Setelah penyambungan bentang utama, pekerjaan jembatan utama adalah menyelesaikan jembatan pendekat yang berada di sisi Surabaya, sementara untuk jembatan pendekat sisi Madura telah selesai lebih dulu. “Kami targetkan bulan Juni, jembatan sudah bisa tersambung seluruhnya” kata Ismail.

Sementara itu lahan terakhir yang dibebaskan pada 6 Maret lalu untuk pembangunan jalan akses di sisi Madura sudah mulai dikerjakan. Sebelumnya dari total 11,5 Km jalan akses sisi Madura, sepanjang 1,5 Km tidak bisa dikerjakan karena terkendala masalah pembebasan lahan. Sementara itu pembangunan jalan akses sisi Surabaya sepanjang 8 Km sudah rampung seluruhnya. (rie/JPNN)

JAKARTA-Penyambungan bentang utama (main span) Jembatan Surabaya Madura (Suramadu) dilakukan pada Rabu malam (31/3). “Pengerjaan bentang utama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News