Surat Suara Pilgub Jatim Mulai Dibagikan

Ada Yang Minta Coblosan Diundur

Surat Suara Pilgub Jatim Mulai Dibagikan
Surat Suara Pilgub Jatim Mulai Dibagikan

jpnn.com - SURABAYA - Tahap pelaksanaan pilgub Jatim telah memasuki fase terakhir. Buktinya, surat suara mulai didistribusikan. Kemarin siang (16/8), telah berangkat konvoi truk yang mengangkut surat suara pilgub Jatim dari PT Karya Kita.

Menurut Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad, kemarin surat suara dikirim ke wilayah Kabupaten Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan. "Ini sudah sesuai dengan target kami," kata Andry.

Dia mengungkapkan, sudah ada konvoi kendaraan untuk distribusi surat suara ke 21 kabupaten/kota. Sedangkan tujuh kabupaten/kota sudah menerima.

Menurut Andry, tahap pilgub Jatim sudah berjalan sesuai dengan rencana. Target pelaksanaan juga sesuai dengan jadwal. "Tinggal memastikan distribusi saja," terangnya.

Ditanya tentang stiker formulir C1 dan D1, Andry mengatakan bahwa pihaknya sudah mengorder ke PT Pura sesaat setelah pleno KPU memutuskan penggunaan stiker pada Kamis lalu (15/8). "Stiker itu nanti sudah dipotong-potong. Jadi, petugas di lapangan tinggal menempelkan saja," ucap Andry.

Ditargetkan, pada 20 Agustus, stiker sudah jadi dan langsung didistribusikan.  Hanya, tampaknya masih ada pihak-pihak yang ingin mengundurkan jadwal pelaksanaan pilgub. Buktinya, Kamis lalu muncul tujuh pemuda yang menamakan diri Koalisi Pemuda Demokrasi Indonesia. Mereka menuntut pengunduran jadwal pilgub.

Saat pleno KPU pada Jumat lalu (2/8), tim sukses pasangan Khofifah-Herman dan tim sukses pasangan BDH-Said Abdullah juga menuntut pengunduran pelaksanaan pilgub. Alasan tim sukses pasangan Khofifah, pihaknya hanya mempunyai waktu sedikit untuk kampanye.

Menurut pakar hukum tata negara Emmanuel Sudjatmoko, pilgub tidak bisa ditunda dengan alasan seperti itu. "Yang bisa mengundurkan pilgub adalah munculnya situasi luar biasa seperti bencana alam besar," katanya.

SURABAYA - Tahap pelaksanaan pilgub Jatim telah memasuki fase terakhir. Buktinya, surat suara mulai didistribusikan. Kemarin siang (16/8), telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News