Survei: Ahmad Dhani dan Andy Budiman Langkahi Para Petahana di Jatim I

Survei: Ahmad Dhani dan Andy Budiman Langkahi Para Petahana di Jatim I
Ahmad Dhani mengikuti sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Surabaya,Kamis (7/2). Foto: RIANA SETIAWAN/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I yang mencakup Surabaya dan Sidoarjo masih menjadi basis PDIP dan PKB. Hasil survei Y-Publica menunjukkan, dari 10 kursi yang ada, tiga di antaranya kemungkinan besar jatuh ke caleg PDIP. Sementara PKB 2 kursi.

“Perolehan kursi PDIP dan PKB pada pemilihan anggota legislatif mendatang tidak mengalami perubahan dari Pileg 2014,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Jumat (1/3). Menurut Rudi, PDIP dan PKB memiliki basis pemilih konvensional yang cukup besar di Jawa Timur.

Politikus PDIP Bambang DH memiliki elektabilitas tertinggi dengan 9,0 persen, disusul caleg petahana PKB Syaikhul Islam (8,4 persen). Caleg PDIP Puti Guntur Soekarnoputri berada di posisi ketiga dengan 7,9 persen.

Survei: Ahmad Dhani dan Andy Budiman Langkahi Para Petahana di Jatim I

Yang cukup menarik, lanjut Rudi, posisi keempat dan lima ditempati pendatang baru. Mereka adalah Ahmad Dhani (6,8 persen) yang maju lewat Gerindra dan caleg PSI Andy Budiman (4,6 persen).

“Yang menarik, caleg pendatang baru seperti Ahmad Dhani masih memiliki elektabilitas tinggi meskipun sudah berstatus terdakwa dan ditahan,” lanjut Rudi.

Untuk lima posisi terakhir ditempati para petahana yang kembali maju. Mereka di antaranya, Adies Kadir dari Golkar (4,3 persen), Indah Kurniawati dari PDIP (4,1) Fandi Utomo dari PKB (3,1), Sungkono dari PAN (2,9) dan Lucy Kurniasari dari Demokrat (2,6).

BACA JUGA: Sidang Ahmad Dhani di Surabaya kembali Ricuh, Ini Penyebabnya

Dapil Jatim I yang mencakup Surabaya dan Sidoarjo masih menjadi basis PDIP dan PKB. Namun, pendatang baru Ahmad Dhani juga menunjukkan tajinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News