Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Teratas, Nama Jenderal Andika Masuk Bursa Cawapres

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Teratas, Nama Jenderal Andika Masuk Bursa Cawapres
Dokumentasi - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto soal elektabilitas calon presiden (capres) 2024. 

Berdasar hasil survei terbaru Charta Politika, Ganjar berada di posisi teratas dengan raihan elektabilitas 29,2 persen. Sementara, Prabowo Subianto berada di posisi kedua dengan raihan elektabilitas 23 persen. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi ketiga dengan raihan elektabilitas 20,2 persen. Sementara,  Menparekraf Sandiaga Uno di posisi keempat dengan raihan elektabilitas 4,9 persen. 

“Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (dengan elektabilitas) 4,8 persen di posisi kelima," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam keterangannya, Senin (25/4).

Dia melanjutkan di urutan keenam ada Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan raihan elektabilitas 3,4 persen, disusul Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 3,3 persen.

"Ketua DPR RI Puan Maharani 1,8 persen berada di posisi kedelapan, lalu diikuti Menteri BUMN Erick Thohir 1,5 persen, dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto 1 persen yang melengkapi 10 nama," lanjutnya.

Tak hanya itu, Charta Politika juga melakukan survei elektabilitas cawapres.

Sandiaga Uno berada di posisi teratas dengan angka 25,4 persen.

Hasil Survei Charta Politika menyebutkan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan perolehan 29,9 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News