Survei CSIS: Mayoritas Gen Z dan Milenial Pilih Ganjar Jadi Presiden 2024

Survei CSIS: Mayoritas Gen Z dan Milenial Pilih Ganjar Jadi Presiden 2024
Survei SMRC menyebut PDIP bisa menang Pilpres 2024 apabila memilih Ganjar Pranowo sebagai capres. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei terhadap elektabilitas calon presiden (capres) jika dipilih pemilih muda 17-39 tahun.

Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling terhadap 1.200 responden di 34 provinsi yang dilakukan pada 8-13 Agustus 2022.

Margin of error sebanyak kurang lebih 2,84 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar berada di posisi puncak, sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Probowo Subianto kalah telak di bawahnya.

"Dalam survei ini elektabilitas Ganjar ada di kisaran 33,3 persen. Sementara Anies di bawahnya dengan 27,5 persen dan Prabowo 25,7 persen," ujar Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, Senin (26/9).

Arya menambahkan, elektabilitas Ganjar juga teratas dalam simulasi tujuh nama dengan tambahan sejumlah tokoh.

Mereka yakni Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Pada simulasi 7 nama ini elektabilitas Ganjar berada di angka 26,9 persen. Kemudian diikuti Prabowo dengan 20,1 persen, dan disusul tipis oleh Anies dengan 19,9 persen," tambahnya.

Elektabilitas Ganjar juga teratas dalam simulasi tujuh nama dengan tambahan sejumlah tokoh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News