JPNN.com

Survei Hidros untuk Mendukung Kesiapan Latihan PPRC TNI

Rabu, 25 April 2018 – 09:10 WIB
Survei Hidros untuk Mendukung Kesiapan Latihan PPRC TNI - JPNN.com

jpnn.com, SAUMLAKI - Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro melaksanakan inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di perairan Teluk Labuhan Lemian, Pulau Selaru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku. 

Survei hidros ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kepentingan latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI 2018 di perairan tersebut. Selain itu, survei juga bertujuan untuk mengupdate Peta Laut Indonesia (PLI) No. 382 perairan Teluk Labuhan Lemian, Pulau Selaru, Provinsi Maluku Tenggara Barat, atau pemutakhiran peta laut di wilayah tersebut yang data batimetrinya hasil survei tahun 1927. Hal ini akan dapat membantu mempercepat konektivitas di perairan Indonesia bagian Timur dapat rangka mendukung program Tol laut Indonesia.

Kadisinfolahta, Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa dalam siaran persnya, Rabu (25/4), menjelaskan Pushidrosal berdasarkan Perpres RI No. 164 tahun 1960 dinyatakan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, diperkuat dengan Perpres RI No. 62 tahun 2016 sebagai Kotama Pembinaan di TNI AL. Pushidrosal bertugas melaksanakan kegiatan hidro - oseanigrafi di perairan Indonesia untuk kepentingan umum dan TNI.  

Survei Hidros untuk Mendukung Kesiapan Latihan PPRC TNI

Menurut Danang, Pushidrosal dengan data hidro-oseanografi mempunyai ketelitian standard SP. 44 IHO siap mendukung pelaksanaan Latihan PPRC TNI tahun 2018.

Survei dan Pemetaan Pushidrosal yang dipimpin Komandan Unit Survei Hidros Mayor Laut (P) Agus Hendra Gunawan ini memiliki nilai strategis. Pasalnya, Pulau Selaru sebagai salah satu pulau-pulau kecil terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Australia.

Turut mendampingi Kapushidrosal dalam inspeksi tersebut, Diropssurta Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Haris Djoko Nugroho, Komandan Lanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ari Krisdiyanto, Pabandya Lat Sops TNI Letkol Laut (P) Yarli Kemal Mirza dan Pabandya Lat Sopsal Letkol Laut (P) Irwan Sabirin.

Untuk diketahui, Kapushidrosal meninjau secara langsung Posko tim Survei yang berada di Posal Selaru, Kecamatan Adaut, sebagai salah satu bentuk perhatian dan penghargaan Kapushidrosal atas kinerja seluruh tim survei dalam rangka mendukung persiapan latihan PPRC TNI 2018. Selain itu, juga melihat langsung pelaksanaan survei dan melihat kondisi morfologi pantai dengan tanda pengenal batas kanan/kiri dan beach center yang ditandai dengan Hidro Pilar. Juga melihat kondisi personel survei di sounding boat yang sedang melaksanakan pemeruman dengan MBES (Multibeam Echosounder).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri