Survei Indikator Sebut Kaesang Bergabung ke PSI Bukan Keinginan Jokowi

Survei Indikator Sebut Kaesang Bergabung ke PSI Bukan Keinginan Jokowi
Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kiri) bersama ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (kanan) dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia memiliki temuan terkait Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep terjun ke politik dengan menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan dari temuan riset yang ia lakukan, publik tak meyakini jika kehadiran Kaesang di PSI ada campur tangan Presiden Jokowi.

“Publik lebih banyak menganggap bergabunganya Kaesang ke PSI merupakan keputusan pribadi, angkanya mencapai 43.5 persen,” kata Burhanudin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Pergeseran Dukungan Partai dan Capres Jelang Pendaftaran Capres dan Cawapres 2024’ secara virtual, Jumat (20/10).

Burhanuddin menuturkan, penilaian responden adanya campur tangan Jokowi ke Kaesang persentase angkanya 33,9 persen. Sehingga,l temuan ini menandakan lebih banyak masyarakat yang menilai kehadiran Kaesang di PSI sebagai keputusan pribadi, tak berhubungan dengan Jokowi.

“Hal ini kemungkinan yang mendorong publik lebih banyak yang tidak setuju bahwa dibalik bergabungnya Kaesang ke PSI, menandakan sedang ada hubungan yang kurang baik antara Jokowi dengan Megawati,” ungkapnya.

Burhanudin melanjutkan, pihaknya juga melihat tingginya popularitas publik terhadap Kaesang sebesar 70,2 persen, dengan tingkat kedisukaannya mencapai 74,9 persen.

Tingginya popularitas dan kedisukaan Kaesang juga membuat elektabilitas PSI terdongkrak. Selain itu responden juga setuju dengan keputusan tersebut Kaesang bergabung ke PSI.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia memiliki temuan terkait Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News