Survei INES Unggulkan Prabowo-Hatta Jauh di Atas Jokowi-JK

Survei INES Unggulkan Prabowo-Hatta Jauh di Atas Jokowi-JK
Survei INES Unggulkan Prabowo-Hatta Jauh di Atas Jokowi-JK

jpnn.com - JAKARTA - Satu lagi lembaga survei tentang elektabilitas calon presiden yang mengunggulkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Adalah Indonesia Network Election Survey (INES), yang surveinya menempatkan pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan elektabilitas 54,3 persen, jauh melampaui pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang hanya mencapai 37,6 persen.

Direktur Eksekutif INES, Sudrajat Saca Sawistra mengatakan survei itu dilakukan pada 25 Juni-2 Juli 2014 dengan jumlah responden 6.929 orang di 23 provinsi di Indonesia. Survei menggunakan metode multistage random sampling.

"Dari jumlah responden, sebanyak 8,1 persen belum menentukan pilihan. Tingkat kepercayaan 95 persen dan confidential interval (interval rahasia) kurang lebih 1,31 persen," ujar Sudrajat dalam pemaparan hasil surveinya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/7).

Hasil survei terakhir INES itu memang memunculkan pertanyaan. Sebab, survei sebelumnya justru menempatkan pasangan Jokowi-JK di urutan pertama jarak elektabilitas kedua pasangan semakin kecil.

Menanggapi fenomena ini, Sudrajat mengatakan bahwa salah satu yang memengaruhi perilaku pemilih adalah adanya debat capres-cawapres yang disiarkan langsung di stasiun televisi nasional. Pengaruh acara debat dirasa kuat karena pemilu presiden ajang pemilihan figur.

"Debat capres berpengaruh pada perubahan sikap pemilih. Kemudian perubahan persepsi sendiri tehadap figur. Ini bukan pemilihan parpol tapi pemilihan figur," katanya.

Dari sejumlah konten yang disajikan dalam survei tersebut juga diketahui bahwa pasangan Prabowo-Hatta mendapat nilai positif karena dinilai sebagai sosok bertanggung jawab. Penilaian ini didasari latar bekakang Prabowo sebagai mantan militer. Pasangan yang diusung koalisi merah putih ini memperoleh 62,7 persen, sementara Jokowi-JK 32,1 persen dan sisanya mengaku tidak tahu.

Prabowo-Hatta juga dinilai lebih visioner dari Jokowi-JK jika dilihat dari keberanian mereka mengambil keputusan strategis dan bertindak cepat dan tepat. "Prabowo-Hatta mendapatkan 52,4 persen dan Jokowi-JK 41,5 persen," tandasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Satu lagi lembaga survei tentang elektabilitas calon presiden yang mengunggulkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Adalah Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News