Survei Kandidat Gubernur Banten, Tantowi Yahya Jauh, Teratas...

Survei Kandidat Gubernur Banten, Tantowi Yahya Jauh, Teratas...
Tantowi Yahya. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - IndoBarometer melakukan survei popularitas dan elektabilitas terhadap sejumlah tokoh yang mencuat sebagai kandidat Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten yang akan maju di Pilgub Banten 2017. 

Survei dilakukan pada 7 hingga 12 April 2016 dengan 800 responden yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Banten.

"Hasilnya, Rano Karno mengungguli kandidat lainnya," kata peneliti IndoBarometer, Hadi Suprapto Rusli  di Jakarta, Rabu (1/6).

Dia jelaskan, ada belasan nama tokoh yang berkembang di masyarakat dan media massa seperti Dimyati Natakusumah, Ahmad Taufik Nuriman, Zaki Iskandar, Airin Rachmy Diany, Andika Hazrumy, Anton Apriyantono, Arif Wismansyah, Asmudji, Desi Ratnasari, Eden Gunawan, Mulyadi Jayabaya, Rano Karno, Ranta Soeharta, Taufiequrachman Ruki, Tb Haerul Jaman, Iman Ariadi, Triana Sjamun, dan Wahidin Halim.

Hasil survei dengan pertanyaan terbuka, dari seluruh calon menunjukan elektabilitas pemeran utama "Si Doel Anak Sekolahan" itu menempatkan nilai tertinggi sebesar 18,88 persen, dua kandidat di bawahnya yaitu Wahidin Halim (WH), dan Andika Hazrumy.

"Tapi, ada 73 persen yang tidak tahu. Jadi belum tergambar secara utuh walaupun Rano unggul di banding lain," ungkap Hadi.

Jika disimulasikan menjadi delapan nama ujarnya, Rano Karno tetap berada di posisi teratas dengan 34,5 persen. Posisi kedua WH dengan 18,9 persen, Andika Hazrumy 4,4 persen, dan Dimyati Natakusuma 3,5 persen. 

Empat lainnya, Mulyadi Jayabaya 1,4 persen, Tantowi Yahya 1,3 persen, Taufiequrachman 1,0 persen, dan  Anton Apriantono 0,1 persen.

JAKARTA - IndoBarometer melakukan survei popularitas dan elektabilitas terhadap sejumlah tokoh yang mencuat sebagai kandidat Gubernur Banten dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News