Survei Lanskap: Prabowo Menang di Jatim Dalam Semua Simulasi

Survei Lanskap: Prabowo Menang di Jatim Dalam Semua Simulasi
Menhan RI Prabowo Subianto di Gedung Jenderal Prof Dr Satrio, Seskoad, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/6). Dokumen Tim Media Menhan RI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP), Mochammad Thoha menyampaikan bahwa nama Prabowo Subianto masih tetap unggul di Jawa Timur, bahkan ketika dipasangkan dengan siapapun dalam bursa Pilpres 2024 mendatang.

"Di Jatim menemukan bahwa pasangan Prabowo-Puan, Prabowo-Ganjar dan Prabowo-Khofifah akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja," kata Thoha dalam rilis surveinya, Senin (18/7).

Hal ini karena nama Prabowo yang menjadi primadona di benak masyarakat Jawa Timur. Sehingga dipasangkan dengan tokoh-tokoh baik dari PDIP yakni Puan Maharni maupun Ganjar Pranowo tetap unggul, bahkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Meskipun Puan masih memiliki elektabilitas, namun ketika dipasangkan dengan Prabowo, pasangan ingin akan kuat keluar sebagai pemenang kompetisi pilpres," ujarnya.

Alasan mengapa Prabowo saat ini selalu unggul, karena Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga mengemban amanat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia itu adalah sosok yang saat ini sudah banyak digemari oleh para pemilih Jokowi di Pilpres 2019 lalu.

"Faktor Prabowo menjadi faktor utama menaikkan elektabilitas pasangan. Hal ini diduga karena sosok Prabowo yang telah disukai oleh pendukung Jokowi dan Maruf di dua provinsi tersebut," jelasnya.

Berikut adalah data survei tiga pasangan calon dalam simulasi elektabilitas di Pilpres 2024 Jawa Timur.

1. Prabowo Subianto dan Puan Maharani, Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Hasilnya ;

Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP), Mochammad Thoha menyampaikan bahwa nama Prabowo Subianto masih tetap unggul di Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News