Survei LKPI: Elektabilitas Airlangga dan Golkar Tertinggi di Pemilu 2024

Survei LKPI: Elektabilitas Airlangga dan Golkar Tertinggi di Pemilu 2024
Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Ilustrasi Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menggelar survei untuk mengetahui ke mana arah preferensi masyarakat pada Pemilu 2024.

Siapa Tokoh yang paling punya potensi dipilih publik jika pilpres nanti? Partai politik apa yang berpeluang menangguk suara terbanyak dalam pemilu nanti?

Survei ini diselenggarakan pada 12-28 Januari 2022 yang melibatkan 1.982 responden di 34 provinsi yang tersebar secara proposional dengan mengambil responden pada titik-titik TPS dan responden dari seluruh populasi yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini sekitar di bawah 2,21 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutive LKPI Kristin Ervina mengungkapkan hasil dari data survei, sejumlah figur diperkirakan bakal bertarung di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Preferensi publik jika pilpres digelar hari ini, maka nama Airlangga Hartarto menjadi kandidat terkuat presiden Indonesia. Tercatat 15,3 persen responden memilih Airlangga Hartarto melalui pertanyaan terbuka,” kata Kristin dalam keterangannya, Kamis (3/2/22).

Kristin melanjutkan kandidat terkuat kedua adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  sebanyak 14,7 persen responden dan urutan ketiga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipilih sebanyak 14,3 persen.

Selanjutnya pada urutan keempat Kepala KSP Muldoko 8,9 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 4,9 persen. Kemudian nama-nama gubernur yang masih menjabat juga masuk dalam daftar, yaitu  Khofifah Indar Parawansa 3,9 persen, Anies Baswedan 3,7 persen, dan Ridwan Kamil 3,5 persen.

Hasil survei LKPI menunjukkan preferensi publik jika pilpres digelar hari ini, maka nama Airlangga Hartarto menjadi kandidat terkuat presiden Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News