Survei LSI Potret Arah Pilihan Pendukung Jokowi hingga Mengapa Ganjar di Posisi ke-3

Survei LSI Potret Arah Pilihan Pendukung Jokowi hingga Mengapa Ganjar di Posisi ke-3
Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan fakta bahwa pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih paslon nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan fakta bahwa pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih paslon nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Berdasarkan survei yang dilakukan LSI pada 19-21 Februari 2024 terungkap sebanyak 66 persen pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin yang bukan pemilih PDIP di Pilpres 2019 memutuskan memilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Pemilih Jokowi-Maruf di 2019 yang bermigrasi terus menerus sampai dengan hari H itu ke Prabowo Subianto. Sehingga pada saat ini mencapai 66 persen dari pemilih Jokowi-Ma'ruf yang non-PDIP yang memilih 02," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, Minggu (25/2).

Selain kepada Prabowo-Gibran, terdapat 23,5 persen pendukung Jokowi non-PDIP yang memilih capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Hanya 10,2 persen pendukung Jokowi non-PDIP yang memilih paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Sebagian pemilih Jokowi Ma'ruf yang non-PDIP ke Anies walaupun tidak sebanyak pemilih yang ke 02, itulah yang menjelaskan antara lain kenapa Anies ke luar sebagai pemenang kedua. Ganjar terus mengalami penurunan dukungan di kalangan pemilih Jokowi-Ma'ruf yang bukan PDIP," kata Djayadi.

Tak hanya gagal menggaet pendukung Jokowi non-PDIP, Ganjar-Mahfud juga gagal meyakinkan pendukung Jokowi yang memilih PDIP.

Sebanyak 56 persen pendukung Jokowi dari PDIP memilih Ganjar atau turun dibanding survei sebelum hari H, yakni 63,3 persen.

Sementara terdapat 36,9 persen pendukung Jokowi dari PDIP yang memilih Prabowo-Gibran atau naik dari sebelumnya 25,9 persen. Selain itu, terdapat 7 persen pendukung Jokowi dari PDIP yang memilih Anies-Cak Imin.

Terungkap sebanyak 66 persen pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin yang bukan pemilih PDIP di Pilpres 2019 memutuskan memilih Prabowo-Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News