Survei Membuktikan: Prabowo Jadi Menteri Paling Dikenal

Survei Membuktikan: Prabowo Jadi Menteri Paling Dikenal
Menhan Prabowo Subianto bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Rabu (23/10). Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Indo Barometer menggelar survei tentang tingkat keterkenalan para menteri pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju. Hasil survei lembaga penelitian pimpinan Muhammad Qodari itu memperlihatkan Prabowo Subianto menjadi menteri paling terkenal.

"Jadi menteri paling terkenal adalah Prabowo," kata Qodari dalam paparan hasil survei Indo Barometer bertema Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional Dalam 100 Hari Jokowi-Amin di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Qodari menganggap predikat menteri paling terkenal yang disandang Prabowo merupakan hal wajar. Sebab, Menteri Pertahanan RI itu merupakan rival Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019.

"Saya kira itu wajar, karena beliau (Prabowo, red) merupakan capres dua kali," kata Qodari.

Indo Barometer menggelar survei Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional Dalam 100 Hari Jokowi-Amin terhadap 1.200 responden di 34 provinsi. Survei itu dilaksanakan pada 9-15 Januari 2020.

Hasilnya adalah 18,4 persen responden mengenal Prabowo yang menjabat Menhan. Berada persis di bawah Prabowo adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani (10,6 persen). 

Amabakdu, secara berurutan adalah Menteri BUMN Erick Thohir (8,2 persen), Menko Polhukam Moh Mahfud MD (7,9 persen), Mendikbud Nadiem Makarim (5,3 persen), Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (5,2 persen), Mendagri Tito Karnavian (5 persen), Kepala Staf Presiden Moeldoko (3,2 persen), Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (2,5 persen), serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung (2,2 persen).

Survei terhadap responden WNI yang berusia di atas 17 tahun itu memiliki margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode surveinya adalah multistage random sampling melaluui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.(mg10/jpnn)

Survei terkini Indo Barometer tentang Evaluasi 100 Hari Kabinet Jokowi - Ma'ruf Amin memperlihatkan Menhan Prabowo Subianto sebagai menteri paling dikenal.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News