JPNN.com

Survei Pilgub Sumbar, Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni Terkuat

Sabtu, 05 Desember 2020 – 22:54 WIB
Survei Pilgub Sumbar, Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni Terkuat - JPNN.com
Ilustrasi Pilkada 2020. Grafis: Ardissa Barack

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis peta kekuatan elektoral calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Sumatera Barat.

Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei pada 25–30 November 2020 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

"Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1200 responden dengan margin of error +/- 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," kata Manajer Riset Poltracking Indonesia Masduri, Sabtu (5/12).

Masduri menuturkan, klaster survei ini menjangkau 19 kabupaten/kota di seluruh Sumatera Barat secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

Sedangkan stratifikasi survei adalah proporsi jenis kelamin pemilih. "Metode sampling ini meningkatkan representasi  seluruh populasi pemilih secara lebih akurat," katanya.

Pengumpulan data, lanjut Masduri, dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

Masduri mengemukakan setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu kelurahan terpilih.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur poularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dan mengukur potensi partisipasi dan kemantapan pemilih.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...