Survei SMRC: Dalam Sebulan Nama Ganjar Pranowo Makin Populer Dibanding Prabowo

Survei SMRC: Dalam Sebulan Nama Ganjar Pranowo Makin Populer Dibanding Prabowo
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri panen raya di Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, pada 9 MAret 2023. Foto: Tim Media Prabowo Subianto

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk Trend Elektabilitas Bakal Calon Presiden kembali menelurkan nama Ganjar Pranowo di urutan pertama.

Dalam survei itu, elektabilitas Ganjar Pranowo capai 39,2 persen, disusul Prabowo Subianto 32,1 persen sedangkan Anies Baswedan 19,7 persen.

Masih ada 8,9 persen yang belum menjawab soal elektabilitas tiga bacapres tersebut.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan tiga nama bakal capres tersebut sudah diputus oleh partai atau gabungan partai untuk menjadi calon presiden dan sejauh ini paling kompetitif dibanding tokoh-tokoh lain.

Deni menunjukkan dalam sebulan terakhir, dukungan pada Ganjar menguat sekitar 6 persen setelah dia dideklarasikan sebagai calon presiden, dari 33,2 persen di awal April 2023 menjadi 39,2 persen di awal Mei 2023.

"Pada periode yang sama, dukungan pada Prabowo relatif stabil dari 31,5 persen menjadi 32,1 persen. Sementara dukungan pada Anies turun dari 24,2 persen menjadi 19,7 persen. Ganjar terlihat menarik suara Anies dan yang belum memutuskan dalam sebulan terakhir," ujar Deni dalam rilis yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Jumat (12/5).

Menurut Deni, dalam rentang waktu dua tahun terakhir dari Mei 2021 ke Mei 2023, dukungan pada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 39,2 persen, sementara Prabowo cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 32,1 persen. Sementara Anies cenderung menurun dari 23,5 persen menjadi 19,7 persen.

Deni melihat kenaikan suara Ganjar dalam sebulan terakhir terkait dengan efek popularitas atau kedikenalannya yang juga meningkat.

Dukungan pada Ganjar Pranowo naik dari 25,5 persen menjadi 39,2 persen, sementara Prabowo Subianto cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 32,1 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News