Survei TBRC: Airlangga, Bakal Capres Paling Diinginkan Masyarakat

Survei TBRC: Airlangga, Bakal Capres Paling Diinginkan Masyarakat
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah merosotnya kepercayaan publik terhadap partai politik, Partai Golkar ternyata masih dinilai sebagai partai yang dapat mengarahkan kebijakan negara sesuai kehendak masyarakat.

Hal itu terungkap dari hasil survei TBRC (Timor Barat Research Center)  di mana 78,9 persen responden menyatakan Golkar sebagai Parpol yang sukses dekat dengan masyarakat.

“Partai Golkar memiliki kemampuan untuk berada dalam lingkar kekuasaan agar dapat mengarahkan kebijakan negara sesuai kehendak masyarakat,” kata Direktur Eksekutif TBRC, Yohanes Romeo kepada wartawan, Senin (6/9/21).

Setelah Golkar, kata Yohanes, Parpol yang dinilai sukses dekat dengan masyarakat adalah Nasdem 72,8 persen, PDI Perjuangan 70,7 persen, PKB 68,4 persen, PPP 64,8 persen, Gerindra 53,7 persen, PAN 52,9 persen, PKS 51,8 persen, dan Demokrat 46,3 persen.

Survei ini digelar pada 24 Agustus hingga 3 September 2021 dengan metode wawancara lewat telepon. Tercatat, sekitar 188,6 juta masyarakat dari total keseluruhan 269,6 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan ponsel pintar. Ini artinya, sekitar 70,1 persen penduduk Indonesia menjadikan ponsel sebagai sebuah perangkat primer.

Teknik penetapan sampel dilakukan adalah probability sampling dengan cara Multi Stage Random Sampling dengan jumlah responden 1.820 orang.

Adapun margin of error dalam survei ini sebesar +/- 2.3 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

"Survei ini dibiayai oleh dana mandiri dari Timor Barat Research Center sebagai Lembaga yang peduli dengan masa depan Bangsa Indonesia," ujar Yohanes.

Hasil survei TBRC menunjukkan 18,30 persen responden memilih Airlangga Hartarto sebagai bakal capres ke-8 RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News