Survei TBRC: Simulasi Pasangan Airlangga-Andika Perkasa Kalahkan Prabowo-Ganjar

Survei TBRC: Simulasi Pasangan Airlangga-Andika Perkasa Kalahkan Prabowo-Ganjar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian. Foto: Dok. Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei terbaru tentang persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah dan kondisi politik nasional pascapandemi Covid-19.

Direktur Eksekutif Timor Barat Research Center (TBRC) Firmansyah mengatakan dalam survei ini ada 1.816 responden yang dipilih secara acak dan sudah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024.

"Penentuan responden mengunakan metode multistage random sampling dan dilakukan di 340 kabupaten/kota di Indonesia mulai 5-16 Desember 2022 ," kata dia dalam siaran persnya, Kamis (22/12).

Firmansyah menyebutkan bahwa 72,7 persen responden memiliki kepercayaan tinggi dan rasa optimistis kepada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin untuk mengatasi dampak krisis global tahun 2023.

Kemudian sebanyak 10,1 persen ragu pemerintah bisa melewati krisis global dan sebanyak 17,2 persen tidak yakin serta menyatakan dampak krisis global akan berpengaruh terhadap perekonomian mereka.

Para responden juga ditanyakan soal Pemilu 2024 dengan pertanyaan partai politik mana yang dipilih ketika pesta demokrasi digelar hari ini.

Hasilnya, Golkar menjadi parpol yang paling tinggi tingkat keterperlihannya dengan suara 16,2 persen. Lalu disusul PDIP 15,7 persen, selanjutnya Gerindra dengan 14,8 persen.

Lalu Demokrat 7,9 persen, PKS 6,2 persen, PKB 5,9 persen, NasDem 4,9 persen, PPP 4,3 persen, PAN 3,9 persen, Perindo 3,3 persen, PSI 1,3 persen, Garuda 1,2 persen, Gelora 1,1 persen, Hanura 1,1 persen, Partai Buruh 1,1 persen, PKN 0,7 persen, sedangkan yang tidak memilih sebanyak 10,4 persen.

TBRC merilis survei simulasi pasangan capres cawapres yang dimenangi Airlangga Hartarto dan Andika Perkasa untuk kombinasi sipil-militer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News