Survei Terbaru: Prabowo Unggul di Berbagai Etnik Ketimbang Ganjar dan Anies

Survei Terbaru: Prabowo Unggul di Berbagai Etnik Ketimbang Ganjar dan Anies
Bakal Capres 2024 yang juga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto meraup keunggulan signifikan pada survei terbaru yang dikeluarkan lembaga survei Polling Institute.

Survei yang diadakan pada 21 - 25 Agustus tersebut membuktikan Prabowo mengungguli capres PDIP, Ganjar Pranowo dan capres Koalisi Perubahan dan Perbaikan (KPP), Anies Baswedan.

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim mengatakan dalam hasil survei tersebut, Prabowo mengantongi keunggulan pada kelompok etnis Sunda, Batak, Madura, Bugis, dan Melayu.

“Sementara ini Prabowo unggul di lebih banyak kelompok demografi dibanding Ganjar dan Anies,” kata Kennedy, dalam keterangan persnya, pada Senin (11/9).

Bila dirinci lebih lanjut, Prabowo mengantongi dukungan dari etnis Sunda dengan total 39,1 persen, disusul Anies dengan 26,2 persen, dan Ganjar dengan 21,3 persen. Pada etnis lain yaitu Batak, Prabowo kembali mengalahkan Ganjar dan Anies.

Di klaster etnis Batak, Prabowo berhasil meraup dukungan sebesar 35,1 persen, disusul Ganjar dengan 24,3 persen dan Anies dengan 22,7 persen.

Lalu, pada etnis Madura, mayoritas memberikan dukungannya kepada Prabowo dengan angka tertinggi sebesar 46,8 persen, disusul Ganjar dengan 22,4 persen dan Anies 16,3 persen.

Tak berhenti sampai di situ, Prabowo juga mengantongi keunggulan dari etnis Bugis dengan total dukungan tertinggi mencapai 50,7 persen, diikuti Anies dengan 19,9 persen, dan Ganjar 10,7 persen.

Hasil survei elektabilitas capres terbaru menunjukkan Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News