Surya Paloh & Prabowo Bertemu, Khoirul Umam: Penjajakan Koalisi Makin Intensif

Surya Paloh & Prabowo Bertemu, Khoirul Umam: Penjajakan Koalisi Makin Intensif
Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (INDOSTRATEGIC) A Khoirul Umam. Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) A Khoirul Umam menilai pertemuan antara Surya Paloh dan Prabowo Subianto bisa jadi merupakan upaya untuk menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

“Artinya, penjajakan koalisi menuju 2024 ke depan akan makin intensif,” kata Choirul Umam, Kamis (2/6).

Menurut dia, pertemuan ketua umum Nasdem dan Ketum Partai Gerindra itu jelas bukan pertemuan seremonial.

“Besar kemungkinan terkait penjajakan koalisi menuju Pemilu 2024," kata Umam.

Meski demikian, Umam menilai potensi koalisi antara Nasdem dan Gerindra relatif kecil.

Kedua pemimpin partai itu memiliki cara pandang dan model pendekatan yang jauh berbeda dalam landasan berpolitik.

“Memang dari awal secara basis politik kebangsaan oleh Pak Surya Paloh dan Pak Prabowo itu cukup berbeda. Saya pikir pelajaran dari Pilpres 2019 di mana salah satu elemen menggunakan eksploitasi politik identitas yang begitu akut dan menciptakan polarisasi yang demikian luar biasa. Posisi dari Pak Paloh cukup jelas untuk menentang praktik-praktik politik semacam itu," ujar Umam.

Sementara itu, Peneliti dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro memaknai kunjungan Prabowo Subianto ke kantor pusat Nasdem selain sebagai bentuk safari politik, sekaligus mencari calon wakil presiden yang bisa berkontribusi jelang Pemilu 2024.

Khoirul Umam menilai pertemuan antara Surya Paloh dan Prabowo Subianto bisa jadi merupakan upaya untuk menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News