Rabu, 26 September 2018 – 00:03 WIB

Tahapan PPDB SMP Dimulai Senin

Minggu, 13 Mei 2018 – 00:45 WIB
Tahapan PPDB SMP Dimulai Senin - JPNN.COM

jpnn.com, BONTANG - Tahapan PPDB (penerimaan peserta didik baru) tingkat SMP dimulai Senin (14/5) besok. Dari tahapan yang ada, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bontang, Kaltim, akan membuka pendataan mengenai nilai afirmasi dari calon peserta didik baru.

Kasi Kurikulum SMP Disdik Kota Bontang, Saparuddin mengatakan indikator untuk nilai afirmasi tidak mengalami perubahan. Meliputi nilai kemaslahatan, prestasi, keluarga miskin atau daerah pesisir, serta bina tetangga sekolah.

“Senin untuk pengesahan nilai afirmasi kami buka sampai tanggal 30 Mei. Dipusatkan di Autis Center,” kata Saparuddin saat ditemui di tempat kediamannya, Minggu (12/5).

Dipaparkannya, untuk kategori keluarga miskin yang bisa menunjukkan kartu maupun surat keterangan dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Pemberdayaan Masyarakat (Dissos-P3M) akan bertambah tiga poin. Mulai tahun ini, Disdik pun secara tegas tidak menerima surat keterangan dari kelurahan.

“Ini untuk menghindari kecurangan. Karena kadang-kadang ada yang dekat dengan Ketua RT lalu diberi padahal dia tidak miskin,” ucapnya.

Untuk penambahan nilai kemaslahatan tidak berubah dari tahun sebelumnya. Jikalau berada di satuan pendidikan yang sama dengan orang tuanya, baik menjadi guru maupun tenaga kependidikan maka akan bertambah tiga poin. Sementara jikalau sekolahnya berbeda maka calon peserta didik baru hanya mendapat tambahan satu poin.

Pada kategori prestasi, calon peserta didik akan terbagi atas tingkatan kejuaraan yang diikuti. Tambahan nilai prestasi hanya diambil dari salah satu prestasi tertinggi dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Sementara untuk bina tetangga sekolah, bila tempat tinggal calon peserta didik baru masuk dalam cakupan kategori ini, akan mendapat tambahan tiga poin. Untuk aspek ini, Disdik telah menggelar sosialisasi dengan pihak kelurahan yang ada di Bontang pada Februari silam.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar