Tahukah Anda? Durasi Terlama GMT Ada di Kota Ini

Tahukah Anda? Durasi Terlama GMT Ada di Kota Ini
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - TIMIKA - Perhatian dunia kini tertuju ke Indonesia, di mana sebagian wilayahnya mendapat jatah kemunculan fenomena langka gerhana matahari total (GMT), Rabu (9/3).

Nah, meski tidak bisa menikmati secara keseluruhan, warga di Kabupaten Mimika, Papua masih bisa berbesar hati. Seba, ada kabar baik dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika. 

"Menurut perkiraan, warga Mimika masih menikmati gerhana sebagian. Bukan hanya di Mimika, bahkan di seluruh Papua dan daerah-daerah lain di Indonesia yang tidak bisa melihat GMT," ujar Sartika Damanik, forecaster pada BMKG Mimika, seperti dikutip dari Radar Timika, Selasa (8/3).

Damanik menjelaskan, secara umum, gerhana di Papua akan mulai pada pukul 08.49 WIT, puncak gerhana pada pukul 10.10 WIT, dan gerhana akan berakhir pada pukul 11.40 WIT.

Durasi gerhana yang teramati di Papua rata-rata adalah 2 jam 51 menit, dengan durasi terlama di Jayapura, yaitu 2 jam 55 menit 03,0 detik. Durasi gerhana di Jayapura ini sekaligus sebagai durasi terlama di Indonesia.

Ada empat kontak yang akan terjadi pada gerhana matahari besok, dan ini adalah proses terjadinya gerhana matahari di Kota Timika dengan beberapa proses kontak menuju terjadinya gerhana matahari. 

Kontak pertama adalah saat piringan matahari mulai tampak tertutupi bulan (gerhana mulai). Kontak kedua adalah saat seluruh piringan matahari mulai tertutup oleh bulan (fase totalitas mulai), puncak gerhana adalah waktu saat piringan matahari ter-gerhanai paling maksimal. Kontak ketiga adalah saat seluruh piringan matahari terakhir kali tertutup oleh bulan (fase totalitas berakhir), dan kontak keempat adalah saat piringan matahari terakhir kali tampak tertutupi bulan (gerhana berakhir).

Di Timika, melalui dua fase ini yaitu kontak pertama dan kontak keempat, yaitu pada kontak pertama pukul  08.45 WIT, dan pada kontak keempat Pukul 11.35 WIT, untuk durasi gerhana matahari pada Kota Timika, 2 jam 49 menit dan 38,8 detik. (cr-97/cr-100/adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News