Tahun Baru di Jayapura Makan Korban, Bentrok di 2 Tempat, 3 Tewas

Tahun Baru di Jayapura Makan Korban, Bentrok di 2 Tempat, 3 Tewas
Tahun Baru di Jayapura Makan Korban, Bentrok di 2 Tempat, 3 Tewas

jpnn.com - JAYAPURA - Tahun Baru di sejumlah wilayah di Jayapura, diawali dengan catatan kurang mengenakkan. Bentrok antarwarga terjadi di dua tempat yaitu di Kampung Ibele, Distrik Ibele, Kabupaten Jayawijaya dan di Yahim, Sentani Kabupaten Jayapura. 

Bentrok antara warga di dua lokasi yang berbeda ini mengakibatkan tiga orang tewas yaitu dua di Kabupaten Jayawijaya dan satu di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Di Kampung Ibele, Distrik Ibele, Kabupaten Jayawijaya, bentrok terjadi pada Jumat (1/1) sekitar pukul 04.00 WIT, melibatkan warga Kampung Muliama dengan warga Kampung Ibele. Bentrok ini diduga dipicu oleh kasus tewasnya seorang warga bernama Windek Wetipo di Jayapura, 29 Desember 2015 lalu.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thaba mengatakan, bentrok ini terjadi setelah jenazah Windek Wetipo disemayamkan di Kampung Muliama dan dilakukan acara bakar batu. “Jadi setelah acara bakar batu, ada yang mengkomandoi bahwa harus perang sehingga warga Kampung Muliama turun menyerang ke Kampung Ibele,” kata Ronny, seperti dikutip dari Cenderawasih Pos, Sabtu (2/1).

Saat sejumlah warga Kampung Muliama hendak melakukan penyerangan ke Kampung Ibele, mereka bertemu dengan Lautek Mabel warga Kampung Ibele yang baru kembali dari Wamena. “Sekitar pukul 04.00 WIT, Warga Kampung Muliama yang bertemu Lautek Mabel di Kampung Tipalo, Distrik Ibele, langsung melakukan penganiayaan hingga korban tewas,” ungkapnya.

Warga Kampung Ibele yang mendapat informasi tewasnya Lautek Mabel, langsung mengejar warga dari Kampung Muliama. Kedua warga ini menurut Kapolres, terlibat bentrok di Kampung Ukulage, Distrik Muliama yang mengakibatkan tewasnya Elius Elopere salah seorang warga Muliama sekitar pukul 06.00 WIT. 

"Korban masih di rumah dan tadi saya sudah ke atas. Kami sudah mengambil tindakan untuk mencegah meluasnya bentrok ini dan bisa menimbulkan lebih banyak korban. Sebab tadi sudah ada mobilisasi masyarakat dari Distrik Sinakma dan kami sudah amankan mereka di Batalyon Infanteri 756/WMS. Di sana kami sita semua alat tajam mereka dan saya perintahkan semua kembali ke Mapolres,” jelasnya. 

Untuk mencegah terjadinya bentrok susulan antar kedua warga tersebut, Kapolres Ronny Thaba mengaku telah menurunkan anggotanya yang dibantu anggota Brimob yang diBKO di Mapolres Jayawijaya untuk melakukan pengamanan. 

JAYAPURA - Tahun Baru di sejumlah wilayah di Jayapura, diawali dengan catatan kurang mengenakkan. Bentrok antarwarga terjadi di dua tempat yaitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News