Tahun Ini, 100 Persen Tender sudah Sistem Elektronik

Tahun Ini, 100 Persen Tender sudah Sistem Elektronik
Tahun Ini, 100 Persen Tender sudah Sistem Elektronik
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar melakukan kunjungan kerja mendadak ke kantor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di gedung SME Tower, Jakarta, Senin (2/1). Ini atas respon keinginan Kepala LKPP, Agus Rahardjo yang ingin bertemu MenPAN untuk memperkenalkan program e-procurement atau pelaksanaan tender secara elektronik dari LKPP.

"Saya bukan melakuan inspeksi mendadak (sidak), tapi saya datang ke kantor LKPP ini karena ingin melihat langsung tentang program e-procurement daripada diceritakan. Sekaligus saya ingin tahu sejauhmana persiapan dan bagaimana bentuk serta sistem kerjanya. Ternyata saya dapat penjelasan bahwa sistem e-procurement ini sudah berjalan dan bisa menghemat anggaran pemerintah baik APBD maupun APBN sampai 10 persen. Karena adanya sisi efesiensi cukup besar," puji Azwar kepada wartawan sebelum melihat langsung ruangan pengelola program e-procurement.

Program ini, lanjut Azwar, cukup baik dan pantas diteruskan. Karena mengandung transparansi, bersih, cepat, dan sesuai mengikuti perkembangan teknologi.

"Jadi ini sesuai dengan semangat reformasi birokrasi. Karena sistem tendernya terbuka atau siapa saja bisa eksis dengan menggunakan program ini sebagai user dan bisa dikontrol. Karena itu, kami menargetkan pada 2012, semua tender sudah mulai dilakukan dengan sistem elektronik hingga 100 persen. Atau setidaknya, di pusat harus sudah 70 persen dan pemerintah daerah sebesar 40 persen tender menggunakan e-proc (e-procurement, Red) ini," paparnya.

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar melakukan kunjungan kerja mendadak ke kantor Lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News