Taiwan Blokir 3 Model Hp Huawei, Kok Bisa?

Taiwan Blokir 3 Model Hp Huawei, Kok Bisa?
Huawei P30 Series. Foto: huaweicentral.com

jpnn.com - Badan pengawas National Communications Commission (NCC) Taiwan, melarang Huawei untuk tidak mendistribusikan tiga lini ponselnya, yaitu Huawei P30, Huawei P30 Pro dan Huawei Nova 5T.

Ketiga model tersebut ditengarai mengalami masalah pada sistem opersinya (OS).

Jika Huawei pengin menjual ketiga perangkat itu mereka harus segera memperbarui sistem operasi pada ketiga perangkatnya.

Sistem operasi Hauwei saat ini mencantumkan Taiwan, Tiongkok pada zona kontak dan waktu di smartphone mereka. Ini justru menjadi hal yang tidak disukai oleh Taiwan.

NCC menegaskan, Huawei tidak akan diizinkan untuk menjual ketiga ponselnya itu kecuali sistem operasinya segera diubah.

Keputusan Taiwan itu dianggap merupakan langkah yang sangat politis. Ini terkait Taiwan tidak mau disangkutpautkan dengan Tiongkok.

Pelabelan 'Taiwan' di ponsel Huawei dianggap bahwa mereka tunduk ke Tiongkok, sehingga ini seperti mengganggu martabat rakyat Taiwan.

“Pelabelan di smartphone Huawei sebenarnya tidak benar dan telah merusak martabat rakyat Taiwan. Kami telah mengambil langkah tegas untuk menjunjung tinggi martabat Taiwan,” demikian pernyataan resmi NCC seperti dilansir Gizmochina, Minggu (17/11). (mg9/jpnn)

NCC Taiwan melarang Huawei untuk tidak mendistribusikan tiga lini hp Huawei, seperti P30, P30 Pro dan Nova 5T di Taiwan..


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News