Tak Banyak Disorot, Teh Indonesia Punya Pasar Besar di Mancanegara

Tak Banyak Disorot, Teh Indonesia Punya Pasar Besar di Mancanegara
PT Perkebunan Nusantara III Holding berhasil membukukan transaksi penjualan teh senilai USD 4 juta atau Rp 57 miliar. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Teh asal Indonesia rupanya juga sangat dimintai pasar global, tak kalah dengan kopi.

Indonesia melalui PT Perkebunan Nusantara III Holding berhasil membukukan transaksi penjualan teh senilai USD 4 juta atau Rp 57 miliar pada gelaran Selangor International Expo Food and Beverage (SIE F&B) 2021.

Acara itu berlangsung secara hibrida pada 18-21 November 2021 di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Transaksi yang terjadi pada pameran ini menunjukkan bahwa produk mamin Indonesia sangat diminati pasar Malaysia,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi di Jakarta, Senin (22/11).

Partisipasti Kementerian Perdagangan dan PT PN III Holding pada pameran ini bertujuan untuk terus mendorong kinerja ekspor Indonesia ke Malaysia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono mengungkapkan, SIE F&B 2021 merupakan pameran internasional pertama di sektor mamin yang diselenggarakan secara hibrida.

“Antusiasme para pelaku usaha di Malaysia sangat tinggi setelah berbulan-bulan mengalami pembatasan oleh pemerintah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang jauh melampaui perkiraan sebelumnya,” ungkapnya.

Departemen Statistik Malaysia mencatat periode Januari–September 2021 total impor negara tersebut untuk produk teh dari Indonesia sebesar 39,6 juta ringgit Malaysia atau sekitar Rp 134,8 miliar.

PT Perkebunan Nusantara III Holding berhasil membukukan transaksi penjualan teh senilai USD 4 juta atau Rp 57 miliar pada gelaran Selangor International Expo Food and Beverage (SIE F&B) 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News