Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut Aspal Terjun ke Jurang, Begini Kondisinya

Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut Aspal Terjun ke Jurang, Begini Kondisinya
Truk pengangkut aspal bernomor polisi B 9180 UFV yang terjun ke dalam jurang di Jalur Alternatif Cikidang-Palabuhanratu, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa, (11/4/2023). Foto: ANTARA/Aditya Rohman

jpnn.com, SUKABUMI - Truk pengangkut aspal masuk jurang saat melintas di Jalur Alternatif Cikidang-Palabuhanratu, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa, (11/4).

Truk bernomor polisi B 9180 UFV mengalami kecelakaan diduga karena tidak kuat menanjak sehingga tergelincir dan terjun ke jurang.

Kanit Penegakkan Hukum (Gakkum) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Ipda M Yanuar Fajar mengatakan diduga sopir truk tersebut menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari alamat tujuan, tetapi aplikasi itu mengarahkan untuk melalui Jalur Alternatif Cikidang-Palabuhanratu.

"Padahal jalur itu dilarang untuk dilalui oleh kendaraan bertonase berat," kata ujar Ipda Yanuar di Sukabumi, Selasa.

Informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, truk fuso pengangkut aspal yang dikemudikan oleh Tirto Rejo melaju dari arah Cikidang menuju Palabuhanratu.

Karena tidak mengenal alamat tujuan, sopir pun berinisiatif untuk menggunakan aplikasi Google Maps di mana aplikasi petunjuk arah itu mengarahkan untuk melalui Jalur Alternatif Cikidang-Palabuhanratu padahal jalur ini dilarang untuk dilintasi kendaraan bertonase besar.

Sopir yang percaya dengan aplikasi itu, mulai ragu dengan kondisi jalan yang dilaluinya karena banyak tikungan tajam, berkelok dan terdapat tanjakan ekstrem. Benar saja saat hendak melewati Tanjakan Cisarakan truk tersebut tidak kuat menanjak dan kehabisan tenaga.

Kondisi yang darurat, sopir sempat mencoba mengganjal ban truk, namun tidak berhasil dan truk itu pun mundur yang akhirnya tergelincir ke dalam jurang sedalam tujuh meter. Beruntung pada kejadian ini tidak ada korban jiwa dan badan truk pun tidak sampai terperosok hingga dasar jurang.

Truk pengangkut aspal masuk jurang saat melintas di Jalur Alternatif Cikidang-Palabuhanratu, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa, (11/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News