Takut Kalah, McCain Tunda Debat

Takut Kalah, McCain Tunda Debat
Takut Kalah, McCain Tunda Debat
WASHINGTON - Krisis ekonomi yang membelit Amerika Serikat otomatis berdampak terhadap kampanye pemilihan presiden. Acara debat yang dijadwalkan digelar di Oxford, Mississippi, dini hari tadi WIB (27/9), sangat mungkin tak dihadiri kandidat Partai Republik John McCain.

McCain beralasan ingin fokus membantu Presiden George W. Bush dalam upaya penyelamatan sistem keuangan AS yang mulai terguncang sejak tahun lalu dan mencapai puncaknya beberapa waktu terakhir. Tapi, banyak pihak menganggap itu hanya sebuah trik politik McCain untuk menunjukkan bahwa dia lebih mengedepankan kepentingan negara daripada interes pribadi. Itu sejalan dengan tema kampanyenya, yaitu country first alias negara yang utama.

Namun, sangat mungkin pula, penundaan tersebut adalah cara McCain menghindari kekalahan dini. Di debat, veteran Perang Vietnam itu diperkirakan bakal keteteran menghadapi cercaan Obama soal ekonomi. Sebab, meski McCain telah berusaha keras menjaga jarak dari Bush, tetap saja krisis yang mendera AS sekarang ini dianggap sebagai dosa Republik.

''Saya mengerti betapa penting arti debat ini. Tapi, saya tetap harus lebih mendahulukan kepentingan negara," kata McCain kemarin (26/9).

WASHINGTON - Krisis ekonomi yang membelit Amerika Serikat otomatis berdampak terhadap kampanye pemilihan presiden. Acara debat yang dijadwalkan digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News