Tambahan Anggaran Pendidikan Terbesar untuk Guru

Tambahan Anggaran Pendidikan Terbesar untuk Guru
Mendikbud Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, bertambahnya anggaran pendidikan sebesar Rp 1 triliun sangat mempengaruhi program pendidikan di Indonesia. Terutama untuk pendidikan siswa dan kesejahteraan guru.

Menurut Anies, untuk anggaran Kemendikbud ‎di RAPBNP 2016, ada empat program prioritas. Kelompok pertama, akan dialokasikan pada program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya sebesar Rp 47,114 miliar. 

Seperti dukungan manajemen bagi sekolah Indonesia di Singapura yang masih membutuhkan dukungan perpanjangan lahan. 

“Dengan dukungan alokasi anggaran ini diharapkan kami bisa menambahkan pelayanan bagi para siswa, khususnya bagi tenaga kerja Indonesia yang banyak mengambil program kesetaraan, sehingga masih banyak membutuhkan dukungan peningkatan mutu pendidikan,” ujar Mendikbud, Senin (27/6).

Selanjutnya alokasi kedua, penambahan anggaran sebesar Rp 356 miiliar dialokasikan untuk program pendidikan dasar dan menengah. 

Penambahan alokasi anggaran diarahkan pada penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran sebagai upaya untuk peningkatan mutu pendidikan.

 “Kami berharap di daerah-daerah yang selama ini jangkauannya sulit, akan coba kami bantu dengan akses teknologi informasi agar tidak tertinggal pembelajarannya dengan daerah lain,” jelas Mendikbud.

Pada kelompok ketiga, Anies mengatakan alokasi sebesar Rp 50 miliar akan diarahkan kepada program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, khususnya pada peningkatan mutu layanan pendidikan kesetaraan dan kursus. 

JAKARTA--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, bertambahnya anggaran pendidikan sebesar Rp 1 triliun sangat mempengaruhi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News