Tanam 1 Juta Pohon, 21 BUMN Berkolaborasi Hidupkan Ekonomi Hijau Ciwidey

Tanam 1 Juta Pohon, 21 BUMN Berkolaborasi Hidupkan Ekonomi Hijau Ciwidey
PT Surveyor Indonesia bersama 20 BUMN berkolaborasi menggelar acara BAKTI BUMN-Gerakan Tanam 1 Juta Pohon di Desa Cipelah, Ciwidey, Jawa Barat. Foto dok Surveyor Indonesia

jpnn.com, JAWA BARAT - PT Surveyor Indonesia bersama 20 BUMN berkolaborasi menggelar acara BAKTI BUMN-Gerakan Tanam 1 Juta Pohon di Desa Cipelah, Ciwidey, Jawa Barat.

Ke-20 BUMN tersebut yakni PLN, Pegadaian, Pelindo, Airnav, Telkom, Pupuk Indonesia, WIKA, Jamkrindo, Jasa Raharja, Perum Bulog, Nindya Karya, Garuda Indonesia, Aksrindo, Perhutani, Kimia Farma, Biofarma, Sucofindo, Biro Klasifikasi Indonesia, Perumnas, dan Indofarma.

Program BAKTI BUMN dalam rangka Kolaborasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN ini dilaksanakan dalam penyerahan bantuan bibit kopi sejumlah 213.756 pohon.

“Dengan kolaborasi antar BUMN, diharapkan Program BAKTI BUMN dapat menjangkau lebih luas dan terintegrasi. Program BAKTI BUMN itu dampaknya harus terasa dan sustain," ujar Deputi Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono menuturkan bantuan yang diberikan berupa bibit kopi ini merupakan dukungan BUMN terhadap program tanam 1 juta pohon, sekaligus upaya untuk menjaga kualitas dan produktivitas kopi di Indonesia.

“Penanaman Kopi ini bebas deforestasi atau degradasi hutan. Budidaya kopi telah dilakukan secara berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata Kelola yang baik,” serunya.

Surveyor Indonesia sebagai inisiator kolaborasi mengalokasikan 22.222 bibit yang disebar ke enam kelompok tani yaitu: Wana Mandiri dan KT Rancabali di Kecamatan Rancabali, Giri Tani di Kecamatan Pacet, Layangsari dan Cilaja GM di Kecamatan Cilengkrang, serta kelompok Mekar Tani di Kecamatan Cimenyan dengan total pemanfaatan lahan 29 hektar dan pemberdayaan 329 petani.

Selain berperan dalam inisiasi program tanam kopi, Surveyor Indonesia juga berinovasi dengan layanan Traceability Coffee sebagai jawaban dari tantangan regulasi ekspor produk-produk komoditas hutan untuk dapat masuk ke pasar Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Eropa.

Program BAKTI BUMN dalam rangka Kolaborasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN ini dilaksanakan dalam penyerahan bantuan bibit kopi sejumlah 213.756 pohon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News