Target Asian Games Tercapai, Jokowi: Semangat itu Kelihatan

Target Asian Games Tercapai, Jokowi: Semangat itu Kelihatan
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Foto: AFP

jpnn.com, SLEMAN - Presiden Joko Widodo mensyukuri perolehan medali kontingen Indonesia di Asian Games 2018 yang telah melampaui target yang sebelumnya ditetapkan.

Kepala Negara mengatakan, selain karena perjuangan dan kerja keras para atlet dan pelatih, itu juga buah dari penyederhanaan birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah.

"Harus kita syukuri, alhamdulillah bahwa target 16 besar yang pertama sudah dilampaui. Ini saya kira perjuangan panjang para atlet dan pelatih baik tryout-tryout di luar yang jangka waktunya saya lihat tidak sebulan-dua bulan," katanya di Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/8).

Sementara di tingkat manajemen, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan penyederhanaan birokrasi keuangan membuat anggaran bisa sampai dengan tepat ke cabang-cabang olahraga dan para atlet, sehingga program pelatihan dapat berjalan dengan baik. Imbasnya, semangat para atlet untuk berlatih kian meningkat.

Tata kelola pembinaan atlet sekarang tidak seperti dulu yang kurang berpihak ke atlet. Tidak terpenuhinya target di Sea Games 2017 misalnya, merupakan salah satu faktor yang membuat pemerintah mengambil langkah mengubah tata kelola pembinaan atlet tersebut.

Di Sea Games 2017 lalu, Indonesia hanya mampu bertengger di posisi kelima dengan mengumpulkan 38 emas, 63 perak dan 90 perunggu. Salah satu faktor penyebabnya adalah sering terlambatnya honor atlet dan peralatan. Selain itu pengiriman untuk latihan di luar negeri juga sering terkendala.

Oleh karena itu, Presiden menerbitkan Peraturan Presiden No 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional yang mulai berlaku tanggal 20 Oktober 2017 lalu. Prestasi Indonesia yang meningkat di Asian Games 2018 ini merupakan salah satu buah hasilnya.

Tidak terpenuhinya target di Sea Games 2017 misalnya, merupakan salah satu faktor yang membuat pemerintah mengambil langkah mengubah tata kelola pembinaan atlet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News