Target Sekolah Baru dan Guru Penerima TPG Meleset

Target Sekolah Baru dan Guru Penerima TPG Meleset
Siswa SD belajar di lantai. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pembangunan Unit Sekolah Baru di tahun anggaran 2016 tidak mencapai 100 persen dari target yang diharapkan. Di mana, target pembangunan 674 unit , yang terealisasi 657 unit.

Hal ini menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, karena adanya kendala untuk memenuhi program tersebut.

“Permasalahan pembangunan Unit Sekolah Baru terkait masalah lahan. Sesuai perjanjian penyediaan lahan diadakan Pemda setempat atau yayasan yang dibantu pemerintah pusat untuk sekolah swasta," ungkap Muhadjir, Jumat (20/1).

Hal tersebut lanjutnya, sering menjadi kendala setiap tahunnya. Namun, bisa dilalui hingga Kemendikbud bisa mencapai sebesar 97,47 persen.

Selain kendala pembangunan sekolah baru, Kemendikbud juga dihadapkan masalah penuntasan program Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Pemerintah menargetkan tahun 2016 sebanya 1.508.498 guru sudah menerima TPG. Namun, realisasinya hanya 1.433.322 guru.

Kenapa tidak tercapat? Karena ada ketentuan pemenuhan 24 jam tatap muka mengajar sebagai batas minimum mengajar bagi guru, dan linieritas keahlian guru dengan mata pelajaran yang diajar.

“Kami mencari solusi dengan cari alternatif kegiatan pembelajaran lain sehingga kewajiban 24 jam mengajar bisa dipenuhi, dan linieritas pun kami definisikan sebagai rumpun ilmu bukan bidang studi," terangnya.

Pembangunan Unit Sekolah Baru di tahun anggaran 2016 tidak mencapai 100 persen dari target yang diharapkan. Di mana, target pembangunan 674 unit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News