Tega Benar Nih, Enam Bulan 1000 Guru TPA di Lingga Tak di Gaji

Tega Benar Nih, Enam Bulan 1000 Guru TPA di Lingga Tak di Gaji
Tega Benar Nih, Enam Bulan 1000 Guru TPA di Lingga Tak di Gaji

jpnn.com - BATAM - Insentif guru taman pendidikan Al-Quran (TPA) dan Noja Masjid se-kabupaten Lingga, terancam tak dibayar. Pasalnya, keuangan pemerintah kabupaten Lingga saat ini kembali defisit sehingga tidak bisa dibayarkan.

Informasi yang dihimpun, sejak awal Januari hingga Juni 2015, gaji yang merupakan bantuan pemerintah tersebut belum sama sekali dibayarkan. Sedikitnya, berdasarkan data Kesra Pemkab Lingga, tecatat 1000 orang guru TPA, Da'i , Noja Masid (red Penjaga masjid) dan Fardu Kifayah.

"Dari awal tahun sampai sekarang, kami belum terima gaji. Biasanya kami terima enam bulan sekali. Tapi sampai sekarang tak ada," ungkap salah seorang Guru TPA di kabupaten Lingga, yang enggan namanya dikorankan, siang tadi (12/6).

Hal tersebut, membuat guru TPA yang tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di kabupaten Lingga bertanya-tanya. Sementara, beberapa hari yang lalu, dikatakannya, surat edaran kembali dilayangkan pemkab Lingga terkait gaji tersebut. 

Surat edaran berisi jika pemda tidak akan lagi membayar untuk enam bulan kedepan, yakni dari Juli hingga Desember 2015. Namun yang menjadi pertanyaan para guru ngaji ini, mengapa surat edaran pemberhentian tersebut, lebih dulu keluar sementara gaji Januari sampai Juni, tidak kunjung dibayar.

"Kita minta, gaji Januari sampai Juni kita dibayar dulu," tambahnya.

Sementara itu ditempat lain, Jaya, Kabag Kesra Pemkab Lingga, yang dihubungi membenarkan keterlambatan pembayaran gaji seluruh guru TPA dikabupaten Lingga. Ia mengatakan, hal ini terjadi merupakan dampak defisit anggaran pemkab. Untuk gaji guru TPA, perbulannya dikatakan Jaya sebesar Rp 250 ribu.

"Anggarannya tak ada. Sementara belum bisa dibayar. Untuk enam bulan kedepan, kita tidak ada lagi insentif guru TPA ini," tuturnya.

BATAM - Insentif guru taman pendidikan Al-Quran (TPA) dan Noja Masjid se-kabupaten Lingga, terancam tak dibayar. Pasalnya, keuangan pemerintah kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News