Tekan Politik Uang, Megawati Ingin Proporsional Tertutup

Soal Penetapan Caleg Terpilih di UU Pemilu

Tekan Politik Uang, Megawati Ingin Proporsional Tertutup
Tekan Politik Uang, Megawati Ingin Proporsional Tertutup
BANDUNG - PDI Perjuangan menginginkan agar penetapan calon legislatif (caleg) terpilih dilakukan dengan cara proporsional tertutup. Dengan demikian, politik uang dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) bisa ditekan karena Caleg terpilih akan ditentukan berdasra nomor urut.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri saat membuka Rakernas I PDIP di Bandung, Senin (12/12). Menurutnya, sistem proporsional tertutup lebih baik ketimbang proporsional terbuka yang diberlakukan pada Pileg 2009 lalu.

"Pemilihan dengan menggunakan sistem proporsional tertutup adalah pilihan terbaik. Untuk itu, partai berjuang untuk mengoreksi liberalisasi politik dan ekonomi," kata Megawati,

Di hadapan riatusan kader PDIP yang memadati Convention Hall Hotel Harris, Bandung, Megawati menambahkan,  sistem proporsional tertutup juga sesuai dengan Indonesia yang beragam. "Karena pada prinsipnya, rakyat lebih menghendaki kemakmuran dan keadilan daripada hingar bingar pemilu yang seolah demokratis namun dikendalikan oleh uang," ucapnya.

BANDUNG - PDI Perjuangan menginginkan agar penetapan calon legislatif (caleg) terpilih dilakukan dengan cara proporsional tertutup. Dengan demikian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News