Tekanan Inflasi Menuju Puncak

Mulai Diterpa Dampak Kenaikan Harga BBM

Tekanan Inflasi Menuju Puncak
Tekanan Inflasi Menuju Puncak
JAKARTA - Kenaikan harga BBM bersubsidi menjadi penekan pedal gas inflasi. Setelah melesat pada Juni, inflasi diperkirakan bakal mencapai puncaknya pada Juli ini.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, dampak kenaikan BBM bersubsidi terhadap inflasi akan memuncak pada Juli. Pendorongnya adalah inflasi musiman periode Ramadan. "(Inflasi) Juni sudah tinggi, tapi masih akan naik lagi," ujarnya kemarin (1/7).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, setelah deflasi pada April dan Mei, inflasi sepanjang Juni lalu melesat ke angka 1,03 persen, atau persis dengan inflasi periode Januari lalu. Level ini merupakan inflasi bulanan tertinggi dalam tahun ini.

Dengan inflasi Juni sebesar 1,03 persen, laju inflasi tahun kalender (Januari - Juni) 2013 mencapai 3,35 persen. Adapun tingkat inflasi year-on-year (Juni 2013 terhadap Juni 2012) sebesar 5,90 persen.

JAKARTA - Kenaikan harga BBM bersubsidi menjadi penekan pedal gas inflasi. Setelah melesat pada Juni, inflasi diperkirakan bakal mencapai puncaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News