Teknologi AL Mendongkrak Peningkatan Pelayanan Bisnis  

Teknologi AL Mendongkrak Peningkatan Pelayanan Bisnis  
Berbagai bisnis mulai memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan kualitas layanan live chat. Foto dok Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Berbagai bisnis sudah mulai memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan kualitas layanan live chat, yang lazim digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Arvy Egadipoera, Chief Customer Officer (CCO) Mekari, perusahaan teknologi yang menyediakan solusi Customer Relationship Management (CRM) yaitu Mekari Qontak, mengatakan integrasi teknologi AI ke software live chat akan meningkatkan kecepatan dan kualitas respons yang diterima oleh para pelanggan.

“Kesigapan bisnis dalam merespon pertanyaan maupun keluhan yang dilayangkan lewat live chat sangat berdampak pada kepuasan pelanggan. Pelanggan yang pertanyaannya segera dijawab atau masalahnya cepat ditangani akan merasa dipedulikan, sehingga mereka akan semakin loyal. Ini akan berimbas positif pada penjualan di jangka panjang,” kata Arvy.

Dia menambahkan bisnis tidak perlu susah mengganti sistem live chat maupun CRM untuk menikmati manfaat AI karena cukup mengintegrasikan software AI ke solusi yang sudah ada.

Contohnya, Mekari Qontak kini mendapatkan dukungan dari fitur AI terkini, yaitu Mekari Airene.

Arvy menyebut ada lima peningkatan pelayanan bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar, dan pelanggan dapat rasakan berkat integrasi AI:

  1. Analisa sentimen
  2. Percakapan luwes
  3. Respon cepat
  4. Ringkasan chat
  5. Aman terjaga

“AI mampu untuk mengadaptasi dan mengolah bahasa agar alur percakapan jauh dari kesan kaku. AI akan memoles respon sesuai gaya dan nada percakapan setiap pelanggan sehingga pelanggan tidak merasa bahwa mereka sedang berbincang dengan robot,” sebut Arvy.

Bisnis yang sigap dalam mengadopsi AI akan memiliki peluang lebih besar untuk melayani pelanggan dengan cara-cara inovatif, yang kemudian akan berimbas positif ke penjualan dan kemampuan mempertahankan posisi di pasar yang semakin kompetitif.

Bisnis tidak perlu susah mengganti sistem live chat maupun CRM untuk menikmati manfaat AI karena cukup mengintegrasikan software AI ke solusi yang sudah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News