Teliti Sertifikat Tanah, Faisal Tamin Bergelar Doktor

Teliti Sertifikat Tanah, Faisal Tamin Bergelar Doktor
Teliti Sertifikat Tanah, Faisal Tamin Bergelar Doktor
JAKARTA - Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara era Presiden Megawati, Faisal Tamin, resmi mencantumkan gelar doktor di depan namanya. Ini didapat setelah pria kelahiran Dompu, NTB, 15 Juni 1941 tersebut, berhasil mempertahankan disertasi doktoralnya dalam sidang terbuka Senat Guru Besar Universitas Satyagama, Jakarta, Jumat (24/9).

Mantan Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri itu merampungkan kuliah strata tiga-nya dengan disertasi berjudul "Pengaruh Implementasi Kebijakan Pertanahan, Struktur Kelembagaan dan Profesionalitas Aparat Terhadap Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah". Dalam karya ilmiahnya itu, ia mengambil sampel pelayanan sertifikasi tanah di Kota Depok, Jawa Barat.

Rektor Universitas Satyagama, Prof Sunarjo Wirjoprawiro, dalam sidang disertasi itu menyebutkan bahwa penelitian yang dilakukan Faisal cukup menarik. Baik dari segi materi penelitian, maupun konteks persoalan yang diangkatnya, yang dinilai menyentuh realitas persoalan yang terjadi di masyarakat. Yakni persoalan pelayanan pemerintah yang banyak dikeluhkan masyarakat dalam pelayanan administrasi pertanahan, yang dihubungkan dengan kebijakan yang digelontorkan pemerintah.

Sehubungan dengan itu, kata Sunarjo, maka mantan Ketua Bako Humas Pusat itu pun dinyatakan lulus dengan Indeks Prestasi (IP) 3,8, dengan predikat Cum Laude. "Hasil nilai disertasi rata-rata adalah 93 atau (nilai) A," ujarnya.

JAKARTA - Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara era Presiden Megawati, Faisal Tamin, resmi mencantumkan gelar doktor di depan namanya. Ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News