Rizal Mallarangeng: Tema Besar Pilpres 2019 Optimisme vs Pesimisme

Rizal Mallarangeng: Tema Besar Pilpres 2019 Optimisme vs Pesimisme
Ketua Relawan Golkar Jokowi (Gojo) Rizal Mallarangeng (kiri) dan Miftah Sabri dari tim BPN Prabowo-Sandi (kanan) dalam diskusi yang dimoderatori Dadi Krismatono. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Relawan Golkar Jokowi (Gojo) Rizal Mallarangeng menilai tema besar pada Pilpres 2019 ialah tentang pesimisme dan optimisme.

Menurut dia, Calon Presiden Joko Widodo menawarkan optimisme, sedangkan Prabowo Subianto melontarkan pesimisme.

"Pesimisme berangkat dari rasa kecemasan yang berlebihan, sedangkan optimisme merupakan bagian dari keyakinan akan kemampuan bangsa," kata Rizal dalam diskusi bertajuk Cendekiawan & Kekuasaan: Introspeksi Kampanye Pemilu 2019 di Jakarta Selatan, Kamis (28/2).

Dia mencontohkan nada pesimisme yang dilontarkan Prabowo. Salah satunya ialah pernyataan Indonesia punah.

BACA JUGA: Jokowi Heran, Seharusnya Keluarga Uno Dukung Pak Sandi, Lo Ini?

Menurut Rizal, narasi yang disampaikan Prabowo tidak terlepas dari minimnya masukan kalangan cendekiawan yang ada di sekitar pasangan Sandiaga Uno itu.

"Padahal, jika diperhatikan, ide-ide Prabowo juga termasuk dalam ide besar yang dibutuhkan negara. Namun, kurang dalam pengeksplorasiannya,” tambah Rizal.

Sementara itu, Miftah Sabri dari tim BPN Prabowo-Sandi mengatakan, Prabowo tidak pesimistis terhadap kemajuan Indonesia.

Ketua Relawan Golkar Jokowi (Gojo) Rizal Mallarangeng menilai tema besar pada Pilpres 2019 ialah tentang pesimisme dan optimisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News