Temanggung Rusuh, Tiga Gereja Dibakar

Satu Orang Diperiksa

Temanggung Rusuh, Tiga Gereja Dibakar
Temanggung Rusuh, Tiga Gereja Dibakar
JAKARTA - Tiga gereja dan dua mobil pengendali massa (dalmas) milik polisi menjadi sasaran amuk massa di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (8/1). Aksi anarkis massa dipicu ketidakpuasan atas vonis lima tahun yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Temanggung terhadap Antonius Richmond Bawengan dalam perkara penistaan agama. Hukuman itu sesuai dengan tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum.

Gereja yang menjadi sasaran amuk massa adalah Gereja Bethel Indonesia. Sebuah bangunan sekolah taman kanak-kanak yang berada di lingkungan gereja tersebut beserta sejumlah motor, juga dibakar. Selain itu Gereja Katolik Santo Petrus dan Gereja Pantekosta Temanggung tak luput dari aksi anarkis itu.

Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen (pol) Kt Untung Yoga menyebut, usai sidang masa yang tak puas dengan vonis lima tahun itu berpencar dan melakukan pengrusakan. ''Sementara ini ada satu orang yang diperiksa intensif,'' ujar Yoga. Dia menyebut seorang warga yang diamankan atas aksi pengerusakan itu.

Dijelaskan, saat ini kondisi kota Temanggung berangsur tenang. Aparat gabungan TNI-Polri yang telah disiagakan sejak sebelum sidang masih berjaga-jaga. ''Polisi sedang berkoordinasi dengan instansi terkait,'' tambahnya.

JAKARTA - Tiga gereja dan dua mobil pengendali massa (dalmas) milik polisi menjadi sasaran amuk massa di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (8/1). Aksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News