Tembus Final Piala Dunia, Kroasia Dapat Angka Sial

Tembus Final Piala Dunia, Kroasia Dapat Angka Sial
Timnas Kroasia pose bareng usai mengalahkan Inggris di semifinal Piala Dunia 2018. Foto: HNS

jpnn.com, MOSCOW - Untuk sebagian kalangan, 13 mungkin merupakan angka sial, tapi tidak buat Kroasia

Negara berbentuk bulan sabit di Eropa itu memastikan diri menjadi negara ke-13 yang lolos ke final Piala Dunia.

Kemenangan 2-1 nan dramatis atas Inggris, Kamis (12/7) dini hari WIB membuat timnas Kroasia punya cerita panjang buat masyarakatnya, kisah-kisah yang membanggakan.

"Kami bermain fenomenal melawan Inggris. Setelah kami kebobolan, kami merasa sangat lelah. Namun, bukan berarti menyerah. Rekan-rekan satu tim pengin membuktikan sesuatu untuk semua orang Kroasia. Ini nyata. Final adalah salah satu keberhasilan terbesar olahraga Kroasia," tutur Kapten Kroasia, Luka Modric kepada HRT.

Di partai puncak, Minggu (15/7) malam, Kroasia akan meladeni Prancis, yang lolos ke final setelah menyingkirkan Belgia. "Kami tidak ingin berhenti di sini, tapi tidak juga harus berlebihan karena belum mendapat apa-apa," ujar Modric.

Sebelum Kroasia, 12 negara yang sudah pernah mencicipi final Piala Dunia adalah Uruguay, Argentina, Italia, Cekoslowakia, Hongaria, Brasil, Jerman (termasuk Jerman Barat), Swedia, Inggris, Belanda, Prancis dan Spanyol.

Apakah 13 menjadi angka sial buat Kroasia? Atau malah membawa keberuntungan seperti 13 dimaknai umat muslim sebagai rukun salat yang membuka pintu menuju surga? (adk/jpnn)

13 Finalis Piala Dunia

Sebelum Kroasia, ada 12 negara yang pernah merasakan bermain di final Piala Dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News