Tembus Semifinal Thomas Cup 2022, India Putus Kutukan 42 Tahun

Tembus Semifinal Thomas Cup 2022, India Putus Kutukan 42 Tahun
India berhasil melangkah ke semifinal Piala Thomas yang pertama sejak 42 tahun lalu. Foto: BWF.

jpnn.com, BANGKOK - India menjadi kejutan tersendiri di gelaran Thomas Cup 2022. Mereka berhasil melenggang ke semifinal setelah menyingkirkan salah satu kandidat juara, Malaysia.

Negara dengan luas 3,287 juta km² itu harus menanti selama 42 tahun untuk kembali menjejakkan kaki di semifinal Piala Thomas. Terakhir kali mereka melangkah ke empat besar terjadi pada 1979 silam.

Prannoy H.S menjadi penentu kemenangan India atas Malaysia. Turun di partai kelima, pebulu tangkis 29 tahun itu menundukkan Leong Jun Hao, 21-13, 21-8.

Perjuangan Keras

Srikanth Kidambi dan kawan-kawan harus berjuang ekstra keras untuk menyingkirkan Malaysia. Mereka, bahkan sempat tertinggal 0-1 saat Lakshya Sen tumbang dari Lee Zii Jia di partai pertama.

India kemudian bangkit dan unggul 2-1 setelah Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan Srikanth Kidambi menyumbang poin.

Namun, Malaysia mampu menyamakan kedudukan setelah Aaron Chia/Te Ee Yi mengalahkan Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala.

Beruntung, Prannoy H.S yang tampil di partai kelima alias penentuan berhasil menundukkan tunggal putra ketiga Malaysia, Leong Jun Hao.

Kini, ujian berat belum berhenti bagi India. Di semifinal Thomas Cup 2022, mereka akan menantang kandidat juara lainnya, yakni Denmark.(mcr15/jpnn)

India berhasil memutus kutukan yang berlangsung selama 42 tahun seusai menembus semifinal Thomas Cup 2022.


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News