Tenang, Papua Sudah Relatif Aman

Tenang, Papua Sudah Relatif Aman
Gedung Pos dan Gedung Telkomsel terbakar di Jayapura, Papua, Kamis (29/8). Foto: ANTARA/Hendrina Dian Kadapi/aa

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya bersama dengan TNI sudah mengerahkan total 6 ribu personel untuk mengamankan Papua. Menurut Tito, kondisi di Papua kini sudah kondusif.

"Papua sudah relatif aman. Pasukan dari Polri maupun TNI yang sudah turun ke Papua dan Papua Barat itu lebih hampir 6 ribu. Itu ada di Jayapura, Manokwari, Sorong, kemudian di Paniai, Deyai, Nabire kemudian di Fakfak," kata Tito di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (1/9).

BACA JUGA : Polri Sedang Gencar Cari Pihak Asing yang Memprovokasi Warga Papua

Selain personel, kata Tito, pihaknya juga menyiagakan helikopter dan pesawat. Dia menambahkan, kendaraan udara itu bisa dipakai seandainya diperlukan.

Lebih lanjut kata Tito, upaya pendekatan pun sudah dilakukan. Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal bersama dengan Kapolda dan Pangdam telah berdialog dengan masyarakat setempat.

"Banyak pihak termasuk paguyuban dan masyarakat Papua yang asli juga sudah melakukan banyak dialog, kemudian kami tetap menggelar pasukan di sana sampai dengan situasi aman," jelas Tito.

BACA JUGA : Jumlah Penumpang Pesawat Meningkat, Banyak Warga yang Tinggalkan Papua

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menambahkan, pembersihan puing-puing akibat aksi massa juga sudah dilakukan. Adapun pihak yang memimpin adalah Wakil Gubernur Papua termasuk Polri dan TNI.

Pasukan dari Polri maupun TNI yang sudah turun ke Papua dan Papua Barat itu lebih hampir 6 ribu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News