Tepis Surat Hoaks, Tapi Beri Isyarat soal Duet Emil-Daniel

Tepis Surat Hoaks, Tapi Beri Isyarat soal Duet Emil-Daniel
Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menyampaikan klarifikasi tentang beredarnya surat dari dewan pimpinan pusat (DPP) partainya perihal penunjukan Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat. Idrus menyebut surat dengan kop berlogo Golkar itu bodong karena tanpa nomor dan stempel.

"Beredarnya surat itu saya istilahkan itu adalah surat bodong," ujar Idrus dalam konferensi pers di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Jumat (22/9). Menurutnya, Golkar belum membuat keputusan apa pun tentang nama-nama yang akan diusung untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) tahun depan.

Namun, Idrus seolah tak menepis isi suratnya. Politikus asal Sulawesi Selatan itu menuturkan, Golkar punya petunjuk pelaksanaan (juklak) untuk menentukan pasangan calon (paslon) yang akan diusung pada setiap pilkada.

Dalam juklak itu, Golkar pada prinsipnya mengedepankan kader, terutama pengurus. Namun, Golkar juga memperhatikan aspirasi masyarakat dan elektablitas calon-calon yang ada.

Soal Jawa Barat, kata Idrus, partainya juga sudah punya survei tentang elektabilitas calon. “Memang selama ini berdasarkan survei-survei yang ada maka ada tiga besar yang hampir bersamaan dari seluruh survei. Nomor satu Ridwan Kamil, Dedy Mizwar (kedua) dan ketiga Dedi Mulyadi,” sebut Idrus.

Dari tiga nama itu, Golkar lantas membuat berbagai simulasi. Misalnya, Emil -panggilan beken Ridwan Kamil- dengan Dedi Mulyadi yang juga bupati Purwakarta.

Namun, simulasi itu kandas. “Pernah suatu ketika kami menyimulasikan RK (Ridwan Kamil, red) dengan Dedi Mulyadi, tapi rupanya opsi ini enggak sampai pada sebuah kesepakatan,” tutur Idrus.

Selanjutnya, muncul opsi lain dengam menawarkan Dedi Mulyadi yang juga ketua DPD Golkar Jabar kepada partai lain. Namun, opsi itu juga tak menemui kesepakatan.

Golka sudah melakukan beberapa simulasi tentang duet untuk Pilgub Jabar. Skenario Ridwan Kamil-Dedi Mulyadi sudah kandas sehingga Golkar memunculkan opsi lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News