JPNN.com

Terapi Plasma Konvalen untuk Pengobatan Pasien Covid-19

Selasa, 02 Juni 2020 – 18:04 WIB
Terapi Plasma Konvalen untuk Pengobatan Pasien Covid-19 - JPNN.com
Ilustrasi warga memakai masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tenaga medis dan komunitas ilmiah bekerja sama mendalami dan melakukan uji coba cara baru transfusi plasma konvalesen telah menjadi titik terang bagi penanganan pasien positif covid-19 di Indonesia.

Upaya itu telah dituangkan dalam buku berjudul Penatalaksanaan Terapi Plasma Konvalesen Bagi Pasien Covid-19 di Indonesia yang diluncurkan pada 6 April 2020.

Saat ini buku itu telah digunakan sebagai acuan dasar terapi plasma konvalesen di rumah sakit rujukan pemerintah dan swasta yang menangani pasien covid-19 di seluruh Indonesia.

Kabar baik ini diawali tim medis Siloam Hospital Lippo Village sebagai rumah sakit swasta pertama yang merencanakan terapi plasma konvalesen secara luas di jaringannya untuk pengobatan pasien covid-19.

Keberhasilan pengobatan covid-19 melalui terapi ini merupakan harapan baru bagi masyarakat, terutama yang positif terpapar covid-19.

Terapi plasma konvalesen adalah pemberian plasma dari pasien covid-19 yang sudah sembuh kepada yang masih menderita sakit.

Dengan demikian, antibodi (kekebalan) dalam plasma pasien yang sembuh dapat membantu pasien yang masih sakit untuk mengatasi penyakitnya.

Theresia Monica Rahardjo merupakan inisiator yang menyampaikan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk penerapan TPK di seluruh Indonesia. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ragil