Terdampak Pandemi, Ratusan Pelaku Seni Terima Bantuan Sembako

Terdampak Pandemi, Ratusan Pelaku Seni Terima Bantuan Sembako
Komedian Kirun saat mendistribusikan bantuan sembako untuk pelaku seni. Foto: dokumen pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah padepokan seni di wilayah Jawa tengah dan Jawa Timur mendapat bantuan paket sembako yang disalurkan melalui Padepokan Seni Kirun.

Pendiri Padepokan Seni Kirun sekaligus seniman senior H Muhammad Syakirun mengatakan bantuan tersebut sangat membantu para pekerja seni.

Pria yang karib disapa Kirun itu mengungkapkan bahwa bantuan tersebut adalah kali kedua diberikan oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar.

“Awal pandemi kurang lebih ada dua ribu paket, lalu periode ini dikirim 300 paket, isinya besar dua liter, mi instan, kecap, sarden minyak dan gula,” kata Kirun, Jumat (6/8).

Adapun bantun tersebut diberikan untuk pelaku seni Ludruk Irama Muda di Ponorogo, Ludruk Suromenggolo di Magetan, Sanggar Griya Seni Kasunarnan di Surakarta, serta seniman Karawitan individu.

Dia menyatakan hampir seluruh pelaku seni menjadi korban dari ganasnya Covid-19.

"Satu grup karawitan 25 orang, belum Ludruk, belum yang Campursari, belum seniman, belum penyanyi, pelukis, teater, tukang sound, tukang panggung semua berhenti total," tuturnya.

Kirun menuturkan bahwa seniman sadar semua orang di dunia merasakan dampak Covid-19, namun dengan semangat kebersamaan diiringi penerapan Protokol Kesehatan dan gotong royong dia optimis semua akan bangkit.

Ratusan pelaku seni di Jawa Tengah dan Jawa Timur mendapat paket sembako yang disalurkan melalui Padepokan Seni Kirun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News