Terhitung Mulai Malam Ini Gunung Marapi Level Siaga

Terhitung Mulai Malam Ini Gunung Marapi Level Siaga
Gunung Marapi tampak dari sisi Kabupaten Agam, Minggu (3/12). Foto: source for JPNN

jpnn.com - AGAM - Status Gunung Marapi yang berada di Provinsi Sumatera Barat naik dari level waspada ke siaga.

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh tingkat aktivitas Gunung Marapi dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga) terhitung 9 Januari 2024 pukul 18.00 WIB dengan rekomendasi yang disesuaikan potensi/ancaman bahaya terkini," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Hendra Gunawan.

Dengan adanya peningkatan status tersebut, PVMBG mengeluarkan sejumlah rekomendasi.

Pertama, masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Marapi, pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak memasuki atau berkegiatan di wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah verbeek).

Kedua, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi atau ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama saat musim hujan.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan, serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Selain itu, warga diimbau mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Seluruh pihak diimbau tetap menjaga suasana kondusif di tengah masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang sumbernya tidak jelas.

Simak sejumlah rekomendasi dari PVMBG terkait Gunung Marapi yang kini berstatus siaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News