Terima 14 Ribu Usulan Warga, Gubernur Ganjar Siapkan Anggaran Rp 22 Triliun

Terima 14 Ribu Usulan Warga, Gubernur Ganjar Siapkan Anggaran Rp 22 Triliun
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, JAWA TENGAH - Musyawarah perencanaan pembangunan wilayah (musrenbangwil) yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, telah menerima lebih dari 14.717 usulan masyarakat.

Adapun, total anggaran secara keseluruhan yang telah dialokasian untuk menindaklanjuti 14.717 usulan dari masyarakat tersebut yakni sebesar Rp 22,1 triliun.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat memimpin Musrenbangwil Jekutibanglor atau Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora.

"Rp 22,1 triliun paling yang bisa kami bantu selama ini rata-rata Rp 6 triliun yang bisa kita berikan. Rp 6 triliun ini cara distribusinya berdasarkan prioritas," ujar Ganjar di Pendopo RA Kartini, Kabupaten Rembang, Kamis (16/3).

Ganjar menjelaskan, hitungan rata-rata per kabupaten dan kota membutuhkan Rp 6 triliun untuk menyelesaikan skala prioritas pembangunannya.

Nilainya, berbeda-beda setiap kabupaten dan kota lantaran kebutuhan setiap daerah tidak sama.

Oleh karena itu, Ganjar telah memetakan seluruh 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah sesuai skala prioritas yang dibutuhkan untuk dicocokkan dengan usulan masyarakat, yang disampaikan saat musrenbangwil.

"Akan ada desk, teknis sifatnya antar kabupaten kota yang prioritas yang mana, anggaran kami berapa, sehingga kami akan tahu dari kemampuan yang ada, berapa (anggaran) yang bisa diberikan," jelas Ganjar.

Ganjar telah memetakan seluruh 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah sesuai skala prioritas yang dibutuhkan untuk dicocokkan dengan usulan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News