Terima Rektor USNI, Ketua MPR: Pancasila Harus Disosialisasikan, Nilainya Diamalkan

Terima Rektor USNI, Ketua MPR: Pancasila Harus Disosialisasikan, Nilainya Diamalkan
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menerima delegasi Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), di ruang kerjanya gedung Nusantara III MPR/DPR/DPD, Jakarta, Jumat (7/7).

Dalam perbincangan dengan Rektor USNI Yusriani Sapta Dewi dan jajaran, Zulkifli membahas tentang pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa.

Dalam implementasinya, Pancasila menurut dia tidak boleh direduksi menjadi dangkal. "Pancasila harus disosialisasikan, nilai-nilainya diamalkan,” ujar Zulkifli.

Menurut politikus asal Lampung ini, semua elemen bangsa harus mengerti apa itu Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Jangan kita punya ideologi tapi tidak mengerti, dipakai caranya salah lagi," tegas mantan menteri Kehutanan RI itu.

Dia juga memberi contoh tentang pemimpin yang Pancasilais, memikirkan rakyatnya bukan kepentingan pribadi atau golongan.

"Bupati ini cari kekayaan sendiri, rakyat tidak diurus, itu tidak Pancasilais. Pancasila cuma jadi omongan, dianggap tidak ada gunanya," tutur Zulkifli.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga berpesan agar masalah suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) tidak lagi menjadi topik yang dipolemikkan.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menerima delegasi Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), di ruang kerjanya gedung Nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News